Minggu, 30 November 2014

Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

TIPS MENDAKI GUNUNG - Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula. Mendaki gunung saat ini sudah menjadi hobi banyak orang, mulai dari mahasiswa, karyawan kantoran sampai bos-bos besar yang sudah cukup lelah dengan pekerjaanya. Biasanya orang mendaki gunung saat sedang liburan. 

Mendaki gunung termasuk kegiatan yang cukup ekstrim, karena disini kita akan dihadapkan langsung dengan alam liar. Mendaki gunung bagi banyak orang juga bisa digunakan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta agar lebih menyadari kebesaran-nya dan lebih mengingatkan kita akan keindahan alam Indonesia.

tips mendaki gunung

Bagi para pemula yang ingin mendaki gunung, sebaiknya anda membaca tips penting dibawah ini, agar perjalan pendakian gunung anda menjadi lebih bermanfaat dan berguna untuk anda sendiri dan lingkungan, serta tidak merugikan alam.

Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula


1. Persiapkan Fisik Anda
Pastikan anda untuk menyiapkan kondisi fisik anda dengan berolahraga secara rutin disertai latihan intensif untuk mendukung kondisi badan agar tidak cepat lelah di pendakian nantinya. Sebaiknya anda berolahraga beberapa minggu sebelum anda memulai pendakian, karena pendakian gunung membutuhkan stamina yang fit. Selain mempersiapkan fisik mempersiapkan mental juga wajib dilakukan pendaki sebelum memulai pendakian.

2. Pelajari Gunung Yang Akan Didaki
Ada pentingnya bagi anda untuk mempelajari secara mendalam tentang lingkungan dan lokasi gunung yang ingin anda daki, mulai dari transportasi di sekitar lereng gunung, sampai kondisi alam di daerah gunung dan denah atau peta tentang gunung itu sendiri. Mempelajari lokasi gunung sangatlah penting untuk keamanan dan kenyamanan anda nantinya saat mendaki gunung. Anda bisa mempelajarinya dari orang yang pernah menaiki gunung tersebut atau informasi di Internet.

3. Menyediakan Peralatan Secara Tepat
Menyediakan peralatan pendakian gunung dengan tepat dan benar adalah hal yang harus anda lakukan. Beberapa peralatan yang harus anda bawa seperti tas carrier, sepatu hiking, pisau lipat, jaket, jas hujan, alat masak portable, senter, peluit, kompas dan perlengkapan obat P3K. Jika anda berniat untuk bermalam di gunung pastikan anda untuk membawa tendan dan matras. 

4. Mempelajari Perbekalan Logistik
Keatahui perbekalan logistik apa saja yang harus dibawa oleh seorang pendaki, hal ini sangatlah penting untuk keamanan perut anda nantinya saat berada di gunung. Karena pendakian adalah sebuah aktivitas yang membutuhkan banyak energi dan melelahkan. Bawalah perbekalan seperti beras, mie instan, sosis, kornet, nugget, keju, biskuit, roti dan jangan lupa air yang cukup serta bawa logistik cadangan untuk berjaga-jaga.

5. Selalu Gunakan Jalur Pendakian Resmi
Hal yang harus anda ingat dan anda taati adalah menggunakan jalur pendakian secara resmi, dan tidak masuk ke lingkungan pendakian lewat jalur ilegal. Biasanya pendaki yang ingin mendaki gunung diharuskan untuk mendaftar ke pihak pengelola dan mendaftarkan dirinya di pos perijinan terlebih dahulu.

6. Bawa Gadget Seperlunya
Tidak dianjurkan untuk melakukan pendakian dengan membawa semua barang elektronik atau gadget anda. karena jika anda membawa gadget anda berlebihan malah akan membuat anda kesulitan. Bawalah gadget yang memang anda perlukan saja seperti handphone/smartphone dan kamera. Pastikan anda juga membawa baterai cadangan atau power bank karena jika sewaktu-waktu baterai handphone atau kamera habis anda bisa langsung mengecasnya.

7. Bertindak Sopan
Bertindaklah sopan kepada siapa saja yang anda temui selama dalam perjalanan, baik pulang maupun pergi. Hal ini termasuk mematuhi dan menghargai adat istiadat atau peraturan di dareah tempat anda mendaki gunung.

8. Berdoa
Hal terakhir yang bisa berguna untuk anda adalah dengan berdoa kepada yang maha kuasa agar perjalanan anda diberikan keberkahan dan keselamatan.

Dan yang terpenting dari pendakian gunung adalah selalu memegang prinsip para pendaki. "Tidak mengambil sesuatu kecuali foto, tidak meninggalkan sesuatu kecuali jejak kaki, tidak membunuh sesuatu kecuali waktu. Ini adalah prinsip agar pendaki gunung selalu menjaga keharmonisan dan kelestarian alam.


Artikel terkait :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar