Rabu, 08 Oktober 2014

Tips Memilih Tenda Untuk Naik Gunung

TUTORIAL GITAR LENGKAP - Tips Memilih Tenda Untuk Naik Gunung. Saat mendaki gunung, peralatan terpenting yang harus dibawa adalah tenda. Tenda sangat penting untuk melindungi sang pendaki saat bermalam atau beristirahan di sebuah camp. Tenda akan melindungi kita dari udara dingin, hujan dan panas matahari.

Di pasaran sendiri sudah banyak beredar berbagai tenda untuk keperluan kemping atau naik gunung. Jenis-nya sendiri juga beragam mulai dengan konstruksi dome tent atau pengembangan dari tunnel tent dan single hope tent. Namun dari semua tenda yang dijual dipasaran ada beberapa yang memang tidak cocok untuk digunakan saat naik gunung, karena memang tenda hanya didesai untuk camping di halaman rumah.

Disini blog TIPS NAIK GUNUNG akan memberikan beberapa tips cara memilih tenda yang memang pantas dan cocok untuk digunakan untuk pendakian gunung.

tips memilih tenda gunung


Tips Memilih Tenda Untuk Naik Gunung


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih tenda, diantaranya :

1. Bahan Tenda
Pilihlah tenda yang terbuat dari bahan nylon. Tenda dengan bahan nylon akan memberikan efek isolasi panas di dalam tenda itu sendiri. Berbeda dengan tenda yang terbuat dari bahan katun, bahan atun akan membuat bagian dalam tenda menjadi lembab dan dingin saat digunakan di gunung. Tenda katun hanya cocok digunakana saat kemping, sedangan untuk di gunung tenda berbahan nylon memang yang terbaik.

2. Bentuk Tenda
tips memillih bentuk tenda
Pilihlah tenda yang memiliki bentuk rata pada bagian atasnya. Dan hindari memilih tenda yang memiliki bagian terbuka di bagian atasnya. Karena bagian yang terbuka ini akan menjadi santapan angin saat digunung. Dan akan membuat tenda anda roboh dan bahkan kabur terkena angin.


3. Berat dan Dimensi Tenda
Pilihlah tenda yang memiliki berat tidak terlalu berat. Kerena hal ini akan menghambat anda saat membawanya ke gunung. Tenda yang berat akan membuat orang yang membawanya cepat kelelahan dan cepat menguras stamina. Pastikan juga anda membawa tenda dengan dimensi sesuai teman team anda. Jika teman satu tenda anda tidak terlalu banyak pastikan jangan membawa tenda yang terlalu besar.

4. Alas Tenda
Pakailah tenda dengan alas yang tahan terhadap air. Rembesan air dari permukaan tanah sangat berbahaya karena disaat cuaca dingin, air akan membuat anda menjadi semakin dingin dan semakin dekat dengan resiko hipotermia di gunung.

5. Tinggi Tenda
Tenda untuk keperluan naik gunung harusnya memiliki tinggi atap yang rendah dari pada tenda untuk camping, ini ditujukan agar saat tenda dipasang tiupan angin yang kencang di gunung tidak merobohkan tenda. Tenda gunung haruslah memiliki konstruksi serendah mungkin.

6. Storage atau Ruang Penyimpanan
Tempat penyimpanan pada tenda atau Vestibule adalah hal yang sangat penting dari sebuah tenda. Karena  bagian ini bisa kita gunakan untuk tempat meneduh saat memasak pada kondisi hujan. Karena tidak mungkin kita memasak dalam kondisi terkena hujan langsung.

7. Tali Pengencang
Pilihlah tenda yang ada tali pengencangnya. Tali pengencang ini sendiri berguna saat terjadi tiupan angin yang kencang. Tali ini akan memberikan kekuatan tambahan saat hembusan angin besar datang.

8. Lembar Flysheet
Tenda yang bagus untuk keperluan pendakian gunung adalah tenda yang memiliki flysheet, kecuali untuk tenda jenis single tent yang terbuat dari bahan breathable garmen yang memang bisa menahan air. Pasalnya di Indonesia banyak sekali tenda yang tidak memiliki flysheet, walaupun ada flysheet-nya namun hanya seperti hiasan saja. Fungsi dari flysheet adalah untuk melindungi bagian dalam tenda dari hujan. Pastikan juga flysheet menutup tenda hingga ke bagian bawah.

Pastikan juga agar jarak flysheet dan dinding tenda cukup lebar antara satu sampai satu setengah jengkal. Ini difungsikan agar flysheet tidak menempel dengan bagian tenda luar, karena jika menempel maka saat hujan akan rawan sekali terjadi kebocoran.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat anda memilih tenda untuk pendakian gunung. Jika ada tips yang kurang tentang tips memilih tenda gunung silahkan tambahkan tips dari anda sendiri dengan memberikan komentar anda dibawah. Terimakasih selamat menjelajah gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar